• 4
  • 1
  • 2
  • 33

Selamat Datang di Website MAN 1 BERPRESTASI KOTA SUNGAI PENUH. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN 1 KOTA SUNGAI PENUH

NPSN : 10507912

Jl.Pelita IV Koto Lolo - Pesisir Bukit - Sungai Penuh - Jambi 37112


mansatusungaipenuh@kemenag.go.id

TLP : 082282895480


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web Madrasah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 9145
Pengunjung : 1818
Hari ini : 3
Hits hari ini : 9
Member Online : 29
IP : 54.147.40.153
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Asa dari sudut Kerinci




Oleh: Hardi Yanta

(Alumnus 2013)

 

Desa yang jaraknya 50 km dari jantung kota, jauh dari keramaian, di kelilingi hutan belantara, kehidupan belum banyak, tempat mengawali masa kecilku, sebuah desa yang terpencil di Kayu Aro.

            Umur 3 tahun, Aku sudah berada di desa itu dan ikut dengan orang tuaku pergi ke sekolah yang berjarak 5 km dengan mengayuh pedal sepeda butut yang melewati jalan yang ganas, menuruni bukit terjal yang telah siap untuk mencabut nyawaku kapan saja. Sewaktu umur itu pula, Ayah menitipkanku di kelas 1 SD yang gurunya pada saat itu buk Ros.

Buk Ros memiliki dialek yang khas, suka memakai jilbab kuning, sangat gigih, memakai kaca mata dan juga memiliki watak keras. Buk Ros mengajarkan kelas 1 dan 2,  kelas 1 yang berjumlah 15 orang termasuk aku. mengawali pelajaran hari itu, buk Ros membuka kaca matanya dan mulai mengajar di depan kelas, setelah panjang lebar mengajar di depan kelas, buk Ros memberikan latihan menulis satu persatu ke depan. Aku yang urutan absen terakhir mendapat kesempatan tampil kedua.

Buk Ros menyuruh membuat angka 1 sampai 5, tanganku yang sangat kaku, belum pernah mencoba dan tidak bisa menulis angka yang di suruh buk Ros. Kemudian buk Ros mengajarku sambil marah-marah “Kamu tidak memperhatikan ibu menerangkan pelajaran tadi”, setelah aku di marahi oleh buk Ros, aku berusaha lebih giat lagi untuk bisa mengerti dan memahami pelajaran.

            Memasuki umur 4 tahun, aku bersama orang tuaku pindah ke ibukota kecamatan. Di sanalah aku mulai mengikuti pendidikan sekolah dasar yang sesungguhnya, hari berganti minggu, minggu berganti bulan juga bulan berganti tahun,  tak terasa setelah 6 tahun di sekolah dasar.  Akhirnya, tibalah ujian akhir nasional (UAN) semua siswa mengikutinya dengan menyiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh serta doa yang di panjatkan pada tuhan Yang Maha Kuasa. Ketika pengumuman nilai UAN di tempel di mading kelasku, semua teman-teman angkatanku berbondong bondong menghampiri. Detak jantungku berdenyut sangat cepat, takut akan hasil yang tidak memuaskan.

Kemudian aku mendapat kabar dari teman dengan wajah yang ceria tanpa dosa, pikiranku merasa hal positif datang dan  Alhamdulillah itu benar, aku lulus dengan nilai yang baik dan memuaskan.  tak ingin larut dalam kebahagiaan juga melewatkan waktu, dengan niat yang tulus suci, aku bersama teman-teman  mendaftarkan diri di SMP yang ada di kecamatan tempat tinggalku dan mengikuti tes penerimaan siswa baru. Pagi itu terasa takut mengikuti tes karena melihat teman teman yang sudah bercampur aduk dari sekolah favorit, tetapi dengan niat yang baik, semangat yang tinggi mengikuti tes selama dua hari tanpa henti dari pagi sampai sore. Kadang rasa capek tak bisa ku ungkapkan lagi demi meraih masa depan. Hari ketiga pengumuman hasil tes ditempel. Alhamdulillah lulus dan di terima di kelas unggul. Senang rasanya saat itu juga dengan adanya mata pelajaran yang baru seperti fisika, biologi tertarik rasanya mengupas apa isi dari semua itu. Hari pertama masuk sekolah di suguhkan dengan mata pelajaran biologi, gurunya cantik dengan memakai kerudung hijau, sepatunya mengkilap seakan mengaburkan penglihatanku, senyum nya menawan, teman-temanku senang belajar dengan materi yang di ajarkan.

            Tak terasa 3 tahun telah terlalui bersama, Aku dan Si Budi dapat menamatkan pendidikan dengan hasil yang memuaskan dan ingin rasanya melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Seminggu kemudian kami berangkat untuk mengikuti tes SMA favorit . Tibanya di sana kami di sambut satpam dan langsung menunjukkan tempat pendaftaran, selesainya kami daftar, besoknya kami mengikuti tes, aku mendapat ruangan A dan Si Budi mendapat ruangan B.

Dua minggu kemudian berita pengumuman di beritahukan melalui  blog sekolah itu. Siswa yang lulus akan di telpon langsung oleh pihak sekolah, sudah dua hari aku tunggu tak ada telpon yang masuk, tau-tau Si Budi sudah di telpon duluan, ternyata dia lulus dan Si Budi yang memberikan kabar padaku  kamu tidak lulus,  sabar ya.

Air mataku mulai berlinang-linang mendengar kabar itu dan aku langsung menuju kamarku sambil menggulung diri dengan selimut, tak tahan menahan tangis, mataku sudah bengkak kemerah-merahan. Tiba-tiba datang kakakku memberikan nasihat, Dik masa depanmu bukan hanya sampai di sini saja, tak usah meratapi apa yang telah berlalu, sekarang pikirkan masa depanmu, Bersemangatlah!

“Dunia tak seluas yang terbuka saja”

            Pepatah inilah salah satu kata mutiara yang selalu membakar semangat jiwa ragaku. Aku menyadari bahwa di suatu tempat kita terjatuh,  di tempat lain pasti ada yang terbangun, tetaplah bersemangat harapan itu masih ada.

            Tak ingin melewatkan waktu, aku mendaftarkan diri di SMA kecamatan tempat tinggalku. Baru 3 bulan berjalan sang khalik mempertemukan aku dengan Pak Umar Bakri, beliau memiliki kepribadian mirip dengan buk Ros guruku dulu yang memiliki semangat hidup yang tinggi, berjiwa patriot dan suka memakai kaca mata, berambut ikal, berbaju rapi dan akupun mulai belajar banyak hal dengan pak Umar Bakhri.

Telah beberapa bulan berteman dengan Pak Umar Bakri perlahan-lahan karakternya melekat padaku dan juga beliau berpesan “ Kesuksesan itu butuh usaha dan pengorbanan, tak semudah membalik telapak tangan”. kesuksesan harus di dasari dengan kerja keras, semangat yang tinggi tanpa menyerah.

            Kesadaran belajar mulai bangkit selain itu, aku juga aktif di OSIS, Karya Ilmiah, English Club, organisasi lainnya yang menunjang dalam belajar dan sering aku dipercayakan  mewakili sekolah untuk lomba siswa teladan di tingkat provinsi.

  Banyak penghargaan yang aku dapatkan setelah bersaing dengan siswa lainnya seperti Juara III Lomba Mengarang Ilmiah Tingkat SLTA Se-Provinsi Jambi dan panitia pelaksana memberikan berupa piagam penghargaan, tabanas, trophy. Itu semua ku raih berkat dari kerja keras dan semangat belajar yang tinggi selama ini.

            Beberapa bulan setelah menerima penghargaan itu, aku jatuh sakit dan di rawat 1 bulan di rumah sakit Mayjen.H.A. Thalib Kerinci. Karena selain sibuk dengan aktivitas yang ku jalani yang telah menguras staminaku terlebih karena aku kurang memperhatikan kondisi kesehatanku.

            Lama-kelamaan sakit yang ku derita semakin membuatku lemah hingga tak berdaya. Tapi, itulah suratan ilahi yang tak dapat ku rubah putusannya. Namun aku tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

Walaupun begitu, aku bangga, karena telah bisa berprestasi dan bersaing dengan siswa-siswa kota dan aku telah memahami bahwa pentingnya ilmu. Ilmu adalah kunci inggris untuk segala hal.

Teman-teman yang dulunya sepermainan, seperjuangan datang silih berganti melihat keadaanku, suasana bathinku menjadi bahagia melihat kedatangannya tak sungkan-sungkan mereka  tertawa dengan lelucon “idak mungkin” yang dulunya sering mereka ucapkan dan kali ini  kembali lagi terucapkan, kata-kata itu cukup menghibur dan mengurangi rasa sakit yang ku alami.

Sering terbayang di pikiranku, aku di marahi buk Ros dan pesan Pak Umar Bakri yang selalu memotivasiku. Apa yang ku alami dan kujalani ketika waktu bersama teman-teman dulu, peristiwa-peristiwa itulah yang menjadi semangat dan menemani diriku sekarang. Semoga menjadi kenangan terindah.

 

 

Biodata Penulis

 

Assalammualaikum . .ww

 Hardi Yanta, Saya alumnus MAN 1 Kota Sungai Penuh (2013),  lulus SNMPTN 2013 Prodi Ilmu Keperawatan, FKIK Universitas Jambi Lulus dan Wisuda agustus 2017. Saat ini menjalani Profesi Ners, FKIK Universitas Jambi

Selama mengenyam pendidikan di MAN 1 Sungai Penuh beberapa  organisasi  yang menunjang,   pernah saya ikuti antara lain:

MAN 1 Kota Sungai Penuh

  • Sekretaris Kelas X B (Unggul Umum) 2010-2011 dibina Despalena, S.Pd, Yunaldi, S,Sn
  • Sekretaris XI IA1 2011-2012 dibina Fitriah, S.PdI
  • Sekretaris Manesa Cup/Open Badminton 2011 dibina Yessi Nofia, S.PdI
  • Koordinator OSIM Sekbid Apresiasi Seni & Sastra 2011-2012 dibina Mahertoni, M.PdI
  • Deklarator GERIS Kota Sungai Penuh & Kab. Kerinci 2011 dibina Indra Mustika
  • Koordinator Pasukan Inti Drum Band 2011-2012 dibina Yunaldi, S.Sn
  • Wakil Ketua Kostrad-IT 2011-2012 dibina Andre Toni, M.Si
  • Ketua Bimbingan Olimpiade Biologi 2012 dibina Ermiwati, S.Pd, Andre Toni, M.Si
  • Ketua Class Meeting Semester Ganjil 2011-2012 dibina Mahertoni, M.PdI, Yunaldi, S.Sn
  • Ketua Pentas Seni 2012 dibina Desmadera, M.PdI, Rahman, S.Pd, Yunaldi,S.Sn
  • Ketua Ekspo Berprestasi Tingkat Kota Sungai Penuh & Kab. Kerinci 2012 dibina Yunaldi, S.Sn, Desmadera, M.PdI, Rahman, S.Pd
  • Ketua Karya Ilmiah Remaja 2013 dibina Dra. Marni Elyz Mozbar, M.Pd

Mungkin ini sudah cukup memberikan inspirasi untuk semuanya, walau selama itu pula masih tetap saja dipandang sebelah mata, namun itu semua tidak akan pernah memadamkan api semangat, apalagi sampai menyerah. Dengan motto dan semangat yang selalu ditanamkan  “Tak kenal kata tak bisa, tak dapat, tak tahu, Hiduplah bagaikan batang ubi, dimana di lempar, di sanalah ia tumbuh dan berkembang”.  Motto inilah yang selalu membakar semangatku untuk berkarya, di antara penghargaan yang pernah saya raih di antaranya:  Juara III Tilawah MAN 1 Sungai Penuh (2011), Juara III Pidato Bahasa Inggris MAN 1 Sungai Penuh (2011),  Juara I Karangan Ilmiah Tingkat Kota Sungai penuh (2011), Lomba Mengarang Cerpen Tingkat MAN 1 Sungai Penuh (2013), Juara III Lomba Mengarang Tingkat SLTA/Sederajat Se-Provinsi Jambi (2012), Juara III Olimpiade Biologi Tingkat Kota Sungai Penuh (2012).

Selain itu, dimasa kuliah beberapa pengembangan bakat dan minat prestasi yang diraih:

  • As Oral Presenter Improving Quality of Health Care through Transformatif Nursing Education and Research for Sustainable Health Development 5th Padjadjaran International Nursing Conference 2016
  • Juara II Karya Tulis Esai Ilmiah Keperawatan Tingkat Nasional Scientific Nursing of Udayana (SOUND) di Universitas Udayana, Bali 12-13 Desember 2015
  • Juara I Penulisan Kreatifitas Kependudukan Tingkat Mahasiswa Se Provinsi Jambi oleh BKKBN Prov. Jambi 28 Juni 2015
  • Juara III Esai Ilmiah Mahasiswa Tingkat Universitas Jambi 2015
  • Mahasiswa Berprestasi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi 2016
  • Finalis Esai Ilmiah Hasanudin Scientific Fair, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Makassar Tahun 2016
  • Finalis Lomba Karya Tulis Spesifik Profesi Pesta Karya Mahasiswa Nasional, Universitas Bengkulu, 17-19 Desember 2015
  • Harapan 2 Karya Tulis Ilmiah Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Prov Jambi Tahun 2016
  • Finalis Tekhnologi Tepat Guna Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah 2016
  • Esai Ilmiah Keperawatan Tingkat Nasional NURSE FIK Universitas Indonesia 2014
  • Finalis Karya Tulis Ilmiah Nasional Indonesia Scientific Forum PKM III Kafapet Universitas Jenderal Soedirman 12-13 Juni 2015
  • Honourable Mention Indonesia Scientific Forum Solo Agustus 2015
  • Karya Tulis Ilmiah Nasional MIPA Road to Scientific Paper and Seminar (MARSS) Universitas Negeri Yogyakarta 2015
  • Lomba Penulisan Esai Mahasiswa Tingkat Provinsi Jambi oleh Balai Bahasa Jambi 26 Mei 2015
  • Olimpiade Sains Nasional Pertamina Bidang Studi Biologi oleh PERTAMINA 2015
  • Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ESFRA Universitas Islam Sultan Agung Semarang 2016
  • Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas 2016
  • Pidato Kependudukan BKKBN Provinsi Jambi 2015
  • Sayembara Esai Forum Lingkar Pena Ogan Hilir, Sumatra Selatan 2014
  • Karya Tulis Ilmiah Konservasi Hutan KKI WARSI 2014

 

 

Seminar yang di ikuti:

  • Simposium Nasional Infectious Disease and Tropical Medicine, Universitas Hasanudin, Makassar 2016
  • Seminar Nasional Keperawatan Nursing Management of Haemoptysis to Reduce Anxiety in Patient with Tuberculosis Universitas Udayana, Bali 2015
  • As Plenary Participant Improving Quality of Health Care through Transformatif Nursing Education and Research for Sustainable Health Development 5th Padjadjaran International Nursing Conference 2016
  • Pesta Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia, Universitas Jambi 2015
  • Item Development Profesi Ners universitas Jambi, 2016

 

Publikasi

  • - Yanta, Hardi 2016 Improving Quality of Health Care through Transformatif Nursing Education and Research for Sustainable Health Development Proceeding5th Padjadjaran International Nursing Conference 2016
  • Yanta, Hardi 2016, Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja Sebagai Upaya Menekan Angka Kematian Akibat Kecelakaan Kerja, Proceeding Fakultas Kedokteran UGM, Gadjah Mada University Press

 

 

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas