• 4
  • 1
  • 2
  • 33

Selamat Datang di Website MAN 1 BERPRESTASI KOTA SUNGAI PENUH. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN 1 KOTA SUNGAI PENUH

NPSN : 10507912

Jl.Pelita IV Koto Lolo - Pesisir Bukit - Sungai Penuh - Jambi 37112


mansatusungaipenuh@kemenag.go.id

TLP : 082282895480


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web Madrasah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 9143
Pengunjung : 1818
Hari ini : 3
Hits hari ini : 7
Member Online : 29
IP : 54.147.40.153
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Promo Menarik dari Allah




Oleh: Putri Alvita

Kelas: X Keagamaan

 

 

Menghafalal-Qur’an? 30 juz? 114 surat? Mustahil atau tidak?

.

     Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril sebagai bukti kerasulan Muhammad dan untuk disampaikan kepada umat manusia sebagai petunjuk hidup di dunia menuju kebahagiaan di akhirat. Membaca dan mengamalkannya bernilai ibadah dan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ١٨٥

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”(Q.S Al-Baqarah : 185)

 

     Hukum menghafal Al-qur’an tidaklah wajib bagi setiap individu, tetapi fardhu kifayah, yaitu apabila telah ada dalam suatu daerah orang yang hafal Al-qur’an, maka gugurlah kewajiban orang lain di daerah tersebut untuk menghafalnya. Meski begitu, tidakkah kita ingin menjadi seorang yang menggugurkan kewajiban orang lain tersebut? Apalagi, seorang hafizh Qur’an memiliki banyak sekali keutamaan.

Keutamaan Penghafal Al-Qur’an

Beberapa keutamaan penghafal Al-Qur’an adalah sebagai berikut :

  1. Penghafal Al-Qur’an adalah keluarga Allah

Dari Anas r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.” Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang istimewa-Nya.” (HR Nasa’i, Ibnu Majah, Hakim, dan Ahmad)

 

  1. Mereka akan ditempatkan di surga bersama para malaikat

Dari Aisyah r.ha. berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang ahli dalam Al- Quran akan berada bersama malaikat pencatatat yang mulia lagi benar, dan orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya dua pahala (HRBukhari, Nasa’i, Musim, Abu Daud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah)

Kata ‘ahli Al-qur’an’ atau ahlul qur’an adalah para penghafal Al-qur’an dan senantiasa membacanya, apalagi ia memahami makna dan menerapkannya.

Tidak ada orang yang rugi dalam membaca Al-Qur’an. Setiap kata bahkan setiap huruf dinilai pahala bagi pemabacanya. Bisa dibayangkan ada berapa banyak huruf di dalam satu kitab Al-Qur’an, bahkan satu halamanAl-Qur’an saja ada ratusan huruf yang akan menjadi penghalang api neraka bagi kita. Bahkan jika dia masih terbata-bata, ada dua pahala baginya, apalagi bagi para penghafal Al-Qur’an, masyaallah mereka tersebut akan bersama para mlaikat yang mulia di dalam surga.

 

  1. Mampu memberi syafaat bagi siapa yang dikehendaki

      Dari Ali karamallahuwajhah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan menghafalkannya, lalu menghalalkan apa yang dihalalkannya (Al-Qur’an) dan mengharamkan apa yang diharamkannya, maka Allah swt. akan memasukkannya ke dalam surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafaat kepada sepuluh keluarganya yang kesemuanya telah masuk neraka (Hr. Ahmad dan Tirmidzi).

 

     Betapa mulianya seorang hafidz qur’an, dia tidak hanya bisa menikmati kenikmatan menghafal Al-Qur’an sendiri, tapi dia juga bisa mengajak sepuluh orang bersamanya ke dalam surga. Subhanallah.

 

     Dan begitu banyak keutamaan-keutamaan lain. Memang, kita tidak bisa menjamin bahwa penghafal Al-Qur’an ‘pasti’ masuk surga. Semuanya tetaplah atas kuasa Allah. Tapi sepanjang kita meluruskan niat hanya untuk Allah, insyaallah, Allah akan mempemudahkan.

 

     Subhanallah, ada begitu banyak keutamaan penghafal Al-Qur’an.Menghafal Al-Qur’an adalah promo terbaik dari Allah untuk menuju surga-Nya. Ada begitu banyak keutamaan dan kebaikan hanya dengan menghafal ayat demi ayat Al-Qur’an. Lalu kita masih ingin menutup mata dan membiarkan tulisan ini berakhir begitu saja?




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas